Kamis, 04 November 2010

Tugas Dasar Pemasaran

My LOUNDRY






(Professional Loundry)

1. Mengapa anda memilih nama My laundry (ML) sebagai nama usaha anda??
          Nama my laundry dipilih karena sangat familiar, dan kata my laundry yang berarti laundry ku sangat mudah di ucapkan, sehingga menarik untuk dijadikan nama. Nama my loundry bila disingkat menjadi “ML” istilah yang sangat umum di pake oleh masyarakat untuk mngartikan sesuatu yang dianggap tabu dibicarakan umum, oleh karena itu ketika menggunakan singkatan ini maka akan muncul banyak persepsi sehingga orang yang membaca sekilas akan penasaran dengan apa yang di maksud dengan ML

2. Sejak kapan My laundry di dirikan dan bagaimana awal terbentuknya??
“Tahun 2008 berawal dari mahalnya harga jasa laundry di STAN, sebagian mahasiswa STAN merasa terlalu berat untuk membayar 8000perkilo untuk membayar jasa laundry.Dari sinilah kami berencana untuk membuat laundry yang berharga murah untuk mahasiswa. karena kami rasa ada oligopoli dari laundry-laundry di wilayah STAN ini, maka kami ingin membuat penyeimbang harga dari laundry-laundry di STAN. setelah merencanakan dengan beberapa langkah ke depan, kami membeli 3 mesin cuci front loading untuk pencuciannya.segera kami membuka bisnis ini meskipun dengan beberapa kendala kami buka bisnis ini dengan bismillah dan prinsip Just do it.dibukalah My Loundry namun belum sebagus sekarang, pada awalnya kamu memberi jasa gratis laundry selama seminggu. jadi pada saat dibuka kami tidak menemukan kesulitan pelanggan, karena harga kami yang murah dan memang sudah kami niatkan begitu. sebelumnya tidak kami estimasi akan mendapatkan pelanggan yang membludak. pada saat itu kami belum siap mendapatkan orderan yang begitu banyak,walhasil kami kewalahan dengan orderan yang luar biasa banyak, akhirnya kami langsung ambil tindakan membli pengering. dengan modal yang tidak sedikit akhirnya kami berencanakan untuk meminjam modal. datanglah mesin pengering yang super gede, tapi masih belum bisa melayani orderan yang begitu banyak
Kita mempersilahkan investor untuk membeli saham kami sebesar 20%. akhirnya kami membeli mesin pengering satu lagi yang sekarang berjumlah 2 mesin. yah seperti itulah My Loundry..yang kami sesalkan pada saat awal2 My Loundry buka, harusnya Laundy2 ditempat lain menurunkan harganya.pada saat itu kami mengira prinsip ekonomi tidak jalan pada sistem oligopoli seperti ini harusnya kalau tidak melakukan kartel, salah satu menurunkan harga maka yang lain akan ikut turun.tapi tenang saja teman2 kami akan memperbaiki kualitas kami dengan baik, dan dengan harga yang murah..dalam waktu dekat kami akan menaikkan daya listrik dan akan menambah 2 mesin pengering..semoga ini akan meningkatkan kualitas serta kecepatan pengerjaan baju-baju temen2 semua...terima kasih atas kepercayaan temen2 semua kepada my laundry.....”

3. Apa saja tantangan yang di dapat selama menjalani usaha my laundry ini??
    Usaha laundry relatif lebih mudah dilakukan oleh siapa saja, dari kalangan apa saja, rentang usia apa saja, sehingga akan ada banyak pesaing di luar yang menanti.
    Baju pelanggan bisa saja mengalami kerusakan akibat banyak hal, misalnya luntur, kancing copot, sobek, dan semacamnya. Hal ini bisa membuat  kerepotan karena harus memperbaikinya dan menanggung keluhan dari pelanggan.
    Di terjen yang digunakan tidak mudah terurai jadi membahayakan lingkungan
    Jika listrik mati, dan arena tidak memiliki genset maka proses produksi juga berhenti
     Sanitasi air yang buruk, pembuangan limbah sulit
     Bila dapat pekerja yang tidak jujur maka sering ada kecurangan, kecurangan berupa adanya cucian yang tidak menggunakan nota (cucian pekerja tapi di cuci di laundry)

4 . Peluang usaha apa yang anda dapatkan ketika anda membuka usaha my laundry ini??
    Lokasi didaerah kampus, kost-kostan (sangat strategis)
    Wangi khas, dan dibandingkan dengan loundry yang ada didaerah sekitar wangi lebih unggul. karena pewangi khusus laundry yg didatangkan dari jogja bukan pewangi    yang dijual seperti diswalayan
     Haraga yang berani lebuh murah dengan kualitas yang sama akan menarik pelanggan
     Saat musim hujan pakean sangat sulit kering mahasiswa memilih di loundry
     Budaya konsumerisme atau banyak mahasiswa yang tidak mau  mencuci pakean sendiri

5. Bagaimana strategi pemasran anda agar usaha ini menarik sehingga banyak konsumen yang    berminat memakai jasa laundry anda??
    Brosur dengan desain dan tampilan yang menarik sehingga mencitrakan bahwa laundry unik
    Mensponsori berbagai ivent mahasiswa stan dan menempatkan logonya dalam brosur maupun majalah kampu, prinsipnya uang dari mahsiswa dikembalikan ke mahasiswa juga.
     Memberikan kualitas jasa yang beragam dalam pelayanan memilih waktu penyelesian pekerjaan sesuai dengan keinginan pelanggan yang disertakan dengan perbedaan harga.(paket ekspres, paket standar)

6.Siapa yang mendirikan usaha my laundry??
        Yuli prasetya adi.
        Muhamad iqbal.



Lokasi : JL ikan terbang PJMI


 Dibuat Oleh: 
* Indah Wahyuni
  *Dyah Lupithasari
   *Hadiana Agustina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar